Ads 468x60px

Daftar Blog

Kamis, 21 Maret 2013

Kiprah Tim-tim Indonesia di AFC Cup 2009 - 2013

 AFC Cup merupakan kompetisi sepak bola Asia “kasta kedua″ setelah Liga Champion Asia. Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 2004. Setiap tahunya sebanyak 32 klub ambil bagian dalam kompetisi ini. Berikut kiprah tim-tim asal Indonesia di AFC Cup sejak pertama kali mengirimkan wakilnya pada tahun 2009 :
2009 – PSMS Medan
PSMS Medan tergabung dalam grup F bersama South China, Johor FC, dan VB Sports Maladewa. Kiprah PSMS sendiri cukup baik. PSMS yang kala itu masih diperkuat Elie Aiboy dan Markus Horison berhasil menjadi runner up grup dengan 4 kali kemenangan, 1 imbang dan 1 kekalahan.

Sebagai runner up grup, PSMS pun berhak lolos ke babak 16 besar. Sayangnya dibabak ini PSMS yang berhadapan dengan klub Chonburi Thailand harus kalah 4 – 0, dan gagal melaju ke babak selanjutnya.



2010 – Persiwa Wamena dan Sriwijaya FC 
Pada musim 2010, Indonesia menempatkan 2 wakilnya pada kompetisi ini. Yakni Sriwijaya FC pemenang Copa Indonesia yang berada di AFC Cup akibat gagal dalam babak playoff liga Champion, dan Persiwa Wamena sebagai runner up Liga Indonesia 2009.
Persiwa Wamena yang berada satu group dengan Muang Thong United (Thailand), VB Sport Maldives (Maladewa), dan South China (Hongkong) babak belur diajang ini dan hanya merebut 1 poin dari 6 kali bertanding. 
Sedangkan Sriwijaya FC berhasil menjadi juara grup dan lolos ke babak 16 besar. Namun ambisi Sriwijaya FC untuk melebihi prestasi PSMS Medan di ajang AFC Cup sebelumnya kandas setelah dikalahkan Thai Port (Thailand) 1-4 di kandang sendiri.
2011 – Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC
Sriwijaya FC lolos ke babak 16 besar setelah mengakhiri fase group sebagai runner up di bawah Song Lam Nghe Anh (Vietnam). Namun lagi-lagi SFC gagal lolos ke babak 8 besar setelah ditaklukan Chonburi FC (Thailand) di babak 16 besar.
Sama dengan Sriwijaya FC, Persipura lolos ke babak 16 setelah berhasil menjadi runner up group. Bedanya, Tim Mutiara Hitam lolos ke perempat-final setelah mengalahkan Song Lam Nghe Anh 3-1. Namun di babak 8 Persipura ditaklukan wakil Irak, Arbil FC dengan skor agregat 3-1.

2012 – Arema Indonesia
Arema lolos ke babak 16 besar mewakili Grup H sebagai Runer Up grup, mendampingi Kelantan FA sebagai juara grup. Di babak 16 besar, Arema berhasil menang 2-0 (1-0) atas tuan rumah Kitchee SC Hongkong di Tseung Kwan O Sports Ground, Hongkong. Namun langkah Arema harus terhenti di babak 8 besar setelah ditaklukan oleh Al Ettifaq (Arab Saudi) dengan skor agregat 4-0.

Hanya satu saja wakil Indonesia dalam afc cup 2012 ini, karena satu lagi wakil indonesia yaitu Persipura tidak jadi mengikuti ajang ini karena bermasalah dengan PSSI.
Di tahun 2013, semoga Indonesia masih bisa menempatkan wakilnya di AFC Cup, mengingat status Indonesia yang terancam sanksi FIFA. Jika sanksi FIFA dijatuhkan, Indonesia tidak diijinkan mengikuti ajang internasional apapun termasuk AFC Cup.

0 komentar:

Posting Komentar